Evolusi Matahari dan Nasib Bumi yg Luar Biasa

Coba kalo liat bintang di langit, ada yang berwarna biru, kuning, maupun merah. Dan ternyata, selain warna itu menunjukan suhu bintang tersebut, hampir semua bintang bisa dinyatakan umurnya lewat warna. Biasanya, yang berwarna merah itu tua dan besar, bahkan lebih besar dari Matahari kita.

Udah pada tau belum kalo bintang seperti Matahari kita itu juga memiliki umur? Nah, bagi yang belum tau, dijelasin singkat aja ya. Bintang itu seperti makhluk hidup, yaitu memiliki umur. Bintang muda biasanya berwarna putih/biru dan ukurannya kecil, dan bintang tua yang mau mati biasanya ukurannya besar dan merah.

Dipercaya, Matahari akan mati dalam kurun waktu 5 Milyar tahun lagi, sebelum Matahari mati, dia akan berubah menjadi "Raksasa Merah" atau "RedGiant", dengan kata lain Matahari bakal mengembang sampai-sampai ukurannya sangat luar biasa besar.

Merkurius dan Venus sudah pasti akan "hilang" dalam rangka penuaan Matahari karena mereka akan ditelan oleh bintang induknya. Bumi? Well, Bumi juga bakal ditelan oleh Matahari 5 Milyar tahun lagi. Namun, walaupun masih lama, efeknya bakal terasa di Bumi hanya dalam waktu 1 Milyar tahun ke depan!

Efeknya bagi Bumi:
- 1 milyar tahun dari sekarang, suhu rata-rata permukaan Bumi naik menjadi 50 derajat celcius dari sebelumnya yang hanya 30 derajat celcius
- 2 milyar tahun dari sekarang, suhu rata-rata permukaan Bumi menjadi 100-200 derajat celcius sehingga manusia dan hewan tidak bisa lagi hidup di permukaan Bumi. Tapi, di permukaan Bumi sendiri masih ada Archaebacteria yang mampu hidup di lingkungan ekstrim. Bangunan-bangunan seperti rumah dan gedung pun akan hancur akibat pemuaian bahan bangunannya yang bisa dibilang terlalu ekstrim.
- 3 milyar tahun dari sekarang, suhu rata-rata permukaan Bumi menjadi 500 derajat celcius, air di permukaan Bumi sudah menguap dan ketika di atmosfer menyentuh partikel dari Matahari menyebabkan ikatan antara O (Oksigen) dengan H2 (Hidrogen) terputus sehingga Hidrogen yang lebih ringan melayang di luar angkasa dan Oksigen yang lebih berat kembali ke permukaan Bumi. Karena permukaannya kaya Oksigen menyebabkan kebakaran massal di seluruh permukaan Bumi.
- 4 milyar tahun dari sekarang, suhu rata-rata permukaan Bumi mencapai 1000-2000 derajat celcius. Bangunan-bangunan kuno seperti Piramida akan meleleh karena pada suhu ini batuan pasti akan meleleh. Seperti halnya piramid yang terbuat dari batuan, permukaan Bumi bakal meleleh, gunung akan meleleh dan memenuhi cekungan seperti danau dan laut yang sudah tidak ada airnya sehingga permukaan Bumi bakal rata, tidak ada tingginya gunung maupun dalamnya laut.
- 5 milyar tahun dari sekarang, Bumi akan ditelan oleh Matahari.

Selanjutnya, Matahari akan terus mengembang lalu melepaskan bagian permukaannya menjadi Planetary Nebulae. Nasib Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus yang wujudnya masih ada akan menjadi planet pengembara.
^^




Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Jono
admin
June 19, 2016 at 3:28:00 AM GMT+7 ×

Kiamatnya kapan Mas?

Congrats bro Jono you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar