Fakta & Strategi Ekonomi Indonesia di Masa Depan


Berikut akan saya jabarkan proyeksi perekonomian Indonesia kedepan alias di masa yang akan datang dan juga analisis saya dalam menyampaikan artikel sederhana ini kepada pembaca. Tidak seperti potingan saya biasanya, seluruh isi artikel kali ini mengandung konten yang sedikit berat dan diambang keseriusan. So, Selamat Membaca dari atas sampai akhir ..  !! ,,,




*Fakta Ekonomi Indonesia Sekarang



1.      Indonesia adalah pemegang perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan negara kepulauan terbesar di Dunia

2.      Indonesia punya lebih dari 17.000 pulau dan panjang wilayah negaranya melintasi 5.000 km garis khatulistiwa, memisahkan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan memegang hak kendali perekonomian yang melintasi wilayahnya.

3.      Indonesia menggunakan Rupiah sebagai mata uang resmi, Tergabung dalam berbagai organisasi ekonomi dunia yakni ; APEC, WTO, G-20, IOR-ARC, RCEP, dll

4.      Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Resmi, dan Bahasa Inggris lumrah digunakan saat dalam kegiatan bisnis dan ekonomi, khususnya di kota Jakarta.

5.      Seperti yang disebutkan tadi, Indonesia termasuk dalam G-20 alias adalah kelompok negara dengan perekonomian terbesar bersama Jepang, Korea, China, India, Australia, India, Arab Saudi, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jerman, Inggris, Afrika Selatan, Meksiko, dan negara luar biasa lainnya. Jika dikalkulasikan berada pada Peringkat 15 dunia pada GDP nya.

6.      Indonesia salah satu negara yang sedang menerapkan pengembangan potensi ekonomi sektor pertanian

7.      Pada krisis ekonomi 2008, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil selamat. Dengan tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi 5% disetiap tahunnya.

8.      Indonesia memiliki sifat penduduk yang konsumtif, namun belum bisa memenuhi banyak sekali kebutuhan dalam negerinya. Produktifitasan Negara dalam memenuhi permintaan pasar , mempengaruhi sekitar 60 % total pertumbuhan ekonomi negara.

9.      Pada tahun 2013, Indonesia bersama Afrika Selatan, Meksiko, Brazil, China, India, Malaysia, Filipina, Thailand dan Turki tergabung dalam NIC (Newly Industrialized Country)

10.  Struktur Angkatan Kerja terdiri atas 0-14 tahun 27% , 15-65 tahun 66% , 66-keatas 6.4%

11.  Perekonomian Indonesia sangat berpotensi, didukung oleh pembangunan infrastrktur yang sedang gencar-gencarnya. Contohnya Tol Laut

12.  Jakarta dijadikan pusat ekonomi negara, Surabaya menjadi kota penghubung, Bandung menjadi kota pendidikan, manufaktur, dan pariwisata, Medan sebagai kota Satelit di Sumatera.

13.  Sistem Hukum Indonesia terdiri atas 5 tingkatan dan sangat mempengaruhi kegiatan ekonomi didalamnya. Konstitusi, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Peraturan Daerah Otonomi.

14.  Dalam 1 tahun Pemerintah menerima pemasukan pajak lewat 51 cara seperti, pajak penghasilan badan, kontribusi asuransi kesehatan, keamanan sosial, pajak preperty, pajak pertambahan nilai, materai. Bahkan Presiden langsung turun tangan dalam membuat kebijakan penerimaan pendapatan daerah lewat pajak .

15.  Indonesia mengurangi pajak korporasinya sebesar 23 %, atau terbesar kedua di dunia.

16.  Indonesai membuat masterplan percepatan pembangunan ekonomi nasional yang dibagi menjadi 6 koridor, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi dan Kepulauan Maluku & Papua. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Tapi, lanjutan proyek ini pun masih belum berlaku optimal.





17.  Indonesia sedang dalam proses permudahan perizinan investasi dan mendirikan usaha, Sistem hukumnya juga melindungi kelegalan suatu usaha.
18.  Pemerintah Pusat memiliki lebih dari 100 BUMN ( Badan Usaha Milik Negara )
19.  Kelemahan yang menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah, sistem birokrasi yang lemah, tingkat korupsi yang luar biasa tinggi, akses ke pusat kota dan industri yang susah dan infrastruktur yang kurang memadai dan yang terpenting adalah. Kegiatan perekonomian Indonesia terlalu terpusat di Jakarta.
20.  Karena ekonomi terlalu terpusat di Jakarta. Jakarta menjadi wilayah transaksi ekonomi yang sibuk dan padat menjadikannya sebagai salah satu kota ter”macet” di dunia.

Tantangan Pemerintahan saat ini adalah :




Jakarta, Pusat Ekonomi Nasional



Statistik Ekonomi Indonesia hingga saat ini :
$ 870 Miliar (2014 est.) by nominal
$2.554 Triliun (2014) by PPP
GDP ranking
16th (nominal) / 9th (PPP)
GDP growth
6.46% (PPP)(2014)[1]
GDP per capita
$5,477 (2014 est.)
GDP by sector
Pertanian: 14.4%, industri: 47%, services dan jasa: 38.6% (2012 est.)
Rata-rata Inflasi
4.61% (Oktober 2012)
Penduduk dibawah garis kemiskinan
11.7% (2013) [2]
38.1 (2011)[3]
Angkatan Kerja
119.5 million (2012 est.)
Persebaran angkatan kerja
Pertanian: 38.9%, industri: 22.2%, services dan jasa: 47.9% (2012 est.)
Pengangguran
6.6% (2012) [4]
Industri Penting
minyak bumi dan gas alam, tekstil, pakaian jadi, alas kaki, pertambangan, semen, pupuk kimia, mesin, elektronik, hardware, software, telekomunikasi, kayu lapis, karet , makanan, pariwisata
Kemudahan transaksi bisnis
Peringkat ke 120[5]
External
Exports
$199.1 Miliar (2012 est.)[6]
Export goods
minyak dan gas, Semen, Makanan, peralatan listrik, Konstruksi, kayu lapis, tekstil, karet
Mitra Utama Ekspor
  Jepang 14.8%
  Tiongkok 12.4%
  Singapura 9.1%
  Amerika Serikat 8.6%
  India 7.1%
  Korea Selatan 6.3%
  Malaysia 5.8% (2013 est.)[7]
Impor
$185 Miliar (2012 est.)
Barang Impor
mesin dan peralatan, bahan kimia, bahan bakar, bahan makanan
Main import partners
  Tiongkok 16%
  Singapura 13.7%
  Jepang 10.3%
  Malaysia 7.1%
  Korea Selatan 6.2%
  Thailand 5.7%
  Amerika Serikat 4.9% (2013 est.)[8]
Utang Luar Negeri
$187.1 billion (31 December 2012 est.)
Public finances
Utang Umum
23.9% of GDP (2012 est.)[9]
Pendapatan
$140.8 Miliar (2012 est.)
Expenses
$160.6 Miliar (2012 est.)
Tingkat Kredit
Standard & Poor's:[10]
BB+ (Domestic)
BB+ (Foreign)
BBB- (T&C Assessment)
Outlook: Stable
Moody's:[11]
Baa3
Outlook: Stable
Fitch:[11]
BBB-
Outlook: Positive
Cadangan Valuta Asing
$110.30 Miliar (October 2012)[12]





Gimana, sudah dibaca semua data statistiknya?? Berikut ini adalah Fakta Ekonomi Indonesia yang diperkirakan di masa depan. 



*Prakiraan Fakta Masa Depan Ekonomi Indonesia

1.      Jika berhasil memegang kendali potensi Sumber Daya Alam dengan baik, Indonesia akan menjadi raja ekonomi asia, bahkan dunia pada 20 tahun yang akan datang.
2.      Pada Tahun 2030, Perekonomian Indonesia akan mejadi yang terbesar nomor 7 di dunia dan pada tahun 2050, perekonomian Indonesia akan menjadi yang terbesar nomor 4 di dunia, dibawah India, Tiongkok dan Amerika Serikat. Pada tahun tersebut perekonomian Indonesia bahkan lebih besar daripada Jepang.
3.      Indonesia akan menikmati surplus angkatan kerja pada 10 tahun mendatang dimana pada tahun tersebut akan ada 70% penduduk yang berada pada usia kerja dan jika berhasil memanfaatkannya, Indonesia akan menguasai pasar tenaga kerja dunia. Itu pun jika Sumber Daya Manusianya berkualitas.
4.      Pertumbuhan Ekonomi Indonesia tertinggi ke-8 di dunia dan akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi seluruh dunia.
5.      Sektor Pertanian, Manufaktur, Pariwisata dan Industri menjadi tombak perekonomian Indonesia di masa depan.
6.      Medan, Palembang, Bandar Lampung, Makassar, Pontianak, Balikpapan, Jayapura dan Denpasar diprediksi akan menjadi kota dengan pertumbuhan ekonomi tinggi di Indonesia
7.      80% GDP akan datang dari “Urban Area” pada tahun 2030
8.      Bali dan Jakarta akan menjadi penopang utama industri pariwisata Indonesia dan Sektor Pariwisata adalah salah satu sektor paling potensial untuk menggerakan ekonomi kreatif di Indonesia.
9.      Jika Indonesia mampu mengendalikan kekuatan konsumsi dalam negeri dengan baik, Indonesia diprediksi akan menjadi momok ekonomi bagi negara lain, khususnya wilayah regional Asia.
10.   Tol Laut akan menjadi penopang kegiatan utama ekonomi Indonesia, yang akan menghubungkan dan melintasi wilayah seluruh negara. Proyek ini sedang dalam proses pembangunan dan fungsi utamanya untuk memudahkan negara menyesuaikan harga barang di wilayah yang sangat jauh dari pusat pengembangan industri terkait dan pendistribusian barang secara lebih efektif. Mulai tahun 2015 ini aktif dijalankan.


*Kesimpulan
Indonesia adalah negara yang sangat berpotensi dibidang ekonomi, pemerintah sudah sangat banyak mencoba menerapkan berbagai cara untuk memaksimalkan pertumbungan dan kemajuan ekonomi negara. Saat ini, masa depan Indonesia berada pada tangan generasi mudanya. Jika Pemerintah berhasil membentuk karakter bangsa yang baik untuk masa depan. Bangsa ini akan berdikari tak hanya pada bidang ekonomi, tapi dalam segala bidang. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang saat ini sedang gencar terjadi di seluruh antreo dunia, harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh Indonesia. 

Bersama-sama negara ini akan maju jika manusianya ingin bangkit dari keterpurukan. Data masa depan diatas memang hanya perkiraan, tapi itulah gambaran yang akan terjadi di Indonesia pada abad pertengahan kelak. Apakah kita siap menghadapinya?? . Bahkan dalam menghadapi MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) Indonesia tampak sedikit belum siap. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang bersama-sama mampu kompak antar manusianya, mampu berjuang bahkan disaat titik terendah. 


Istilah Beraki-rakit ke hulu lalu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu lalu bersenang-senang kemudian adalah istilah yang tepat. Jujur, saat ini Indonesia berada pada masa-masa tersulit, tantangan ekonomi yang besar dan juga harapan masyarakat yang tinggi membuat penampakan ekonomi Indonesia terlihat buruk. Namun, jika dilihat dari kacamata optimisme, Bangsa ini sedang merajut kembali kejayaannya, Bangsa ini sedang mengambil alih perhatian ekonomi dunia. Marilah kita kritisi kebijakan Pemerintah, jika salah mari kita luruskan dan jika benar harus kita dukung. Sesungguhnya pasti ada jalan dibalik kesusahan. 

Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terpenting di jagad dunia, Kita saat ini sedang menginvestasi kesusahan dan berharap meraih buah manis perjuangannya dimasa yang akan datang. Infrastruktur dan juga transportasi menjadi faktor terpenting untuk kemajuan pertumbuhan ekonomi nasional.

Transformasi Indonesia, akan membuat perubahan yang luar biasa dalam bidang ekonomi dan membuat peluang bisnis yang sangat potensional dalam beberapa dekade kedepan. Kalian bangsa Indonesia bersiaplah menjadi bagian didalamnya . Semangat !! :D



Sumber : Kerjasama dengan TMF Group, Wikipedia, Seorang Kating, dan beberapa buku/majalah ekonomi yang pernah saya baca

*Artikel ini dirancang khusus untuk menjawab keapatisan anak muda dalam menyikapi masalah ekonomi di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk pemikiran dan langkah yang akan diambil pada masa yang akan datang. Terimakasih....


Ditulis original oleh : Kurniawan Rizky Permadi, Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, Universitas Lampung 2015

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
deby sinc
admin
May 25, 2016 at 2:34:00 PM GMT+7 ×

Nice, semoga bermanfaat! Jaya Indonesia!

Congrats bro deby sinc you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Komentar yang baik, akan menimbulkan manfaat yang baik ConversionConversion EmoticonEmoticon