Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Kota Berpenduduk Terbanyak di Indonesia

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010 lalu dan 249 juta jiwa pada tahun 2015, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa. Diprediksi jumlah penduduk di Indonesia akan mencapai 300 juta pada beberapa dekade mendatang.

Indonesia dengan pemukimannya


Berikut ini Kulkasilmu.com akan menampilkan 20 Kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia :

20. Serang, Banten ( 618.802 Penduduk )

Hasil gambar untuk serang

Kota Serang adalah ibu kota Provinsi Banten. kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten, serta dikelilingi oleh Kabupaten Serang di sebelah selatan, barat, dan timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Serang dilintasi jalan tol lintas Jakarta-Merak.


19. Samarinda, Kalimantan Timur ( 685.859 Penduduk )



Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia serta salah satu kota terbesar di Kalimantan. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur.

18. Denpasar, Bali ( 788.589 Penduduk )



Kota Denpasar adalah ibu kota Provinsi Bali, Indonesia. Pertumbuhan industri pariwisata di Pulau Bali mendorong Kota Denpasar menjadi pusat kegiatan bisnis, dan menempatkan kota ini sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan tinggi di Provinsi Bali. Pemerintah akan mempersiapkan tiga kota yaitu Medan, Denpasar, dan Makassar sebagai kota metropolitan baru.

17. Padang, Sumatera Barat ( 799.750 Penduduk )

Panorama Kota Padang dari Taman Sitti Nurbaya

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini memiliki wilayah seluas 694,96 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 mdpl. 

16. Malang, Jawa Timur ( 820.243 Penduduk )

Balai Kota Malang dan Alun-Alun Tugu pada malam hari

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah selatan Surabaya dan merupakan kota terbesar di kedua di Jawa Timur setelah Surabaya menurut jumlah penduduk. Berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, Malang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduk dan berada di posisi ke-16.

15. Bandar Lampung, Lampung ( 881.801 Penduduk )



Kota Bandar Lampung merupakan sebuah kota, sekaligus ibu kota dan kota terbesar di provinsi Lampung. Secara geografis, kota ini menjadi pintu gerbang utama pulau Sumatera, tepatnya kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta, memiliki andil penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya.

14. Pekanbaru, Riau ( 882.045 Penduduk )

Berkas:Masjid Agung An-Nur (3).JPG

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa,termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

13. Batam, Kepulauan Riau ( 917.998 Penduduk )

Jembatan Barelang

Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dan Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, tu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia. 

12. Bogor, Jawa Barat ( 950.334 Penduduk )

Berkas:Istana Bogor.jpg

Kota Bogor adalah sebuah kota di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 949.066 jiwa

11. Tangerang Selatan, Banten ( 1.290.322 Penduduk )

Balai Kota Tangerang Selatan

Kota Tangerang Selatan adalah sebuah kota di Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak 30 km sebelah barat Jakarta dan 90 km sebelah tenggara Serang, ibu kota Provinsi Banten. Kota Tangerang Selatan berbatasan dengan Kota Tangerang di sebelah utara, Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) di sebelah selatan, Kabupaten Tangerang di sebelah barat, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur. 

10. Makassar, Sulawesi Selatan ( 1.331.391 Penduduk )



Kota Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota terbesar di kawasan Indonesia Timur dan di masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi. Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

9. Palembang, Sumatera Selatan ( 1.440.678 Penduduk )



Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km².

8. Semarang, Jawa Tengah ( 1.520.481 Penduduk )



Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa.

7. Depok, Jawa Barat ( 1.738.570 Penduduk )

Tugu selamat datang dikota depok.jpg

Kota Depok adalah sebuah kota di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor. Depok dahulu adalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982. 

6. Tangerang, Banten ( 1.798.601 )

Balai Kota Tangerang

Kota Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Kota Tangerang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah utara dan barat, Kota Tangerang Selatan di sebelah selatan, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi.

5. Medan, Sumatera Utara ( 2.097.610 Penduduk )



Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota metropolitan terbesar di luar Pulau Jawa dan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata penangkaran orangutan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba.

4. Bekasi, Jawa Barat ( 2.334.871 Penduduk )

Berkas:Bekasi.jpg

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di Tatar Pasundan provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini sekarang berada dalam lingkungan megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota besar ke empat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri,kota bekasi juga dijuluki sebagai kota patriot dan kota pejuang

3. Bandung, Jawa Barat ( 2.394.873 Penduduk )



Kota Bandung  merupakan kota metropolitan terbesar di Tatar Pasundan, Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila (Grebangkertosusilo).

2. Surabaya, Jawa Timur ( 2.765.487 Penduduk )



Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Jawa Timur serta wilayah Indonesia bagian timur.

1. Jakarta, DKI Jakarta ( 9.586.705 Penduduk )

Berkas:Jakarta.jpg

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di Tatar Pasundan, bagian barat laut Pulau Jawa. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Survei dilakukan beberapa tahun yang lalu, dan kemungkinan jumlah penduduk tersebut akan selalu meningkat setiap tahun.

Sumber : Wikipedia, BPS Indonesia

1 komentar untuk "20 Kota Berpenduduk Terbanyak di Indonesia"

Komentar yang baik, akan menimbulkan manfaat yang baik