11 Cara Efisien Membangun Pengetahuan dan Motivasi Diri

Saya hanya akan memberikan sebelas tips saja. Beberapa adalah pengalaman diri saya sendiri :D

1. Baca buku atau sebuah artikel di tempat tidur sebelum anda tertidur bukan menonton film atau tv, apalagi sinetron tidak bermutu hehe.


2. Bangun lebih awal setiap hari, dan jagalah konsistensinya. Bagi yang muslim dianjurkan bangun sebelum jam 5 agar bisa menunaikan sholat shubuh.


3. Putar musik favorit di laptop, hp anda ketika belajar atau bekerja. Tentunya berfungsi sebagai pengatur ritme konsentrasi. ( Hal ini gk cocok untuk beberapa orang )


4. Memasang catatan / pesan di mana anda akan melihatnya dan terus-menerus untuk menambah poin baru untuk belajar.






5. Bermain materi audio, musik atau bernyanyi ketika melakukan hal-hal lain seperti memasak, mandi dan berjalan.


6. Membuat keputusan yang disengaja untuk mengurangi kegiatan tertentu setiap minggu, khususnya menunda-nunda, dan fokus beberapa jam mengajarkan diri sendiri.


7. Dedikasikan istirahat makan siang Anda atau istirahat makan lainnya ke waktu untuk makan dan belajar. Kalau bisa lakukan keduanya secara bersamaan.

 
8. Berlanggananlah dengan beberapa email berita atau pengetahuan, maka daripada itu sering-seringlah cek email anda.


Jelajahi diri anda sebuah artikel atau sesuatu yang menarik untuk ditonton atau dibaca setiap malam (idealnya berfokus pada hal-hal yang anda suka dan kira-kira banyak manfaatnya), untuk dibaca di beberapa titik hari berikutnya.


9. Ganti TV dengan belajar. Ya, itu berarti mematikan tv dan membaca . Atau jika TV sedang menayangkan siaran yang bagus dan bermanfaat , silahkan saja ditonton.


10. Gunakan Kindle atau perangkat penyimpanan buku genggam lainnya, atau membawa buku , dan membaca setiap kali anda memiliki waktu luang yang tepat.


11. Ajarkan ilmu yang anda dapat kepada orang lain, bahkan mungkin mengajarkannya sebagai karir penuh-waktu. Ini akan membuat diri anda mengajarkan bagian dari apa yang anda telah lakukan untuk sebagian besar waktu anda. Sekaligus mendapatkan pahala kebaikan, jika ilmu yang anda ajarkan bermanfaat dan tidak menyesatkan.


Sebagai catatan penutup, Anda akan merasa lebih mudah untuk mengajari diri sendiri ketika Anda benar-benar bergairah tentang apa yang akan anda pelajari, dan itu salah satu pengalaman saya hehe, dan Anda masuk ke dalam kebiasaan belajar dengan cara tertentu, setiap hari.


Dan pemikiran akhir, pastikan anda membiarkan diri anda mendapatkan ruang bernapas tambahan pada hari-hari kosong, kalau suka olahraga, petualangan, jalan-jalan dan sebagainya sebaiknya dilakukan. Untuk bersantai dan tidak melakukan apa-apa seperti bermalas-malasan untuk satu hari tentu tidak maslaah :p 


Dalam sehari, banyak kegiatan yang dikemas dan direncanakan , sehingga tidak perlu over-melakukannya, cobalah hanya mengambil keuntungan dari momen yang seharusnya tidak digunakan secara efektif. So, jadikan waktu sebagai kesempatan untuk menjadikan diri kita menjadi lebih baik.

Terimakasih, semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »

Komentar yang baik, akan menimbulkan manfaat yang baik ConversionConversion EmoticonEmoticon