Filosofi Makna Logo Baru PKN STAN


Banyak yang bertanya mengapa sih STAN bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN ? atau yang akhir-akhir ini sering disebut PKN-STAN? ..

Memang hanya berganti nama sih, tapi pasti banyak hikmah dan makna dibalik itu semua.. Kira-kira apa ya?

Dan ini dia adalah Logo PKN STAN terbaru 2015 :

Logo PKN STAN 2015
Nih, kita coba kupas secara singkat ya bro......

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro telah meresmikan perubahan status Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Berikut "tujuan" perubahan STAN menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN :

"Perubahan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas dan kompentensi sumber daya manusia di bidang pengelola negara bagi Kementerian Keuangan, kementerian lembaga lain dan pemerintah daerah," kata Menkeu dalam acara peresmian tersebut seperti dikutip Antara.

Perubahan status STAN menjadi PKN STAN tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknis Keuangan Negara STAN.

Bentuk politeknik dipilih karena bisa menggelar pendidikan lanjutan hingga program doktoral atau S3. Sedangkan akademi hanya dapat menyelenggarakan pendidikan hingga jenjang diploma tiga ( D3 ).

Dengan demikian, PKN STAN menjadi perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Pembinaan PKN STAN secara teknis akademik dilaksanakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sedangkan pembinaan secara teknis operasional dan administratif dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. Saat ini, PKN STAN menyelenggarakan pendidikan vokasi atau terapan di bidang keuangan negara melalui empat jurusan dan 10 program studi, yaitu jurusan Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai serta Manajemen Keuangan.

Selanjutnya, PKN STAN juga akan mengembangkan program pendidikan lanjutan hingga pascasarjana seperti program S2 dan S3 terapan untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia dalam keuangan negara. Sejak tahun 2010 hingga 2015, STAN yang sejak berdiri sejak 1975, telah mendidik rata-rata 6.000 mahasiswa per tahun. Untuk periode 2014 hingga 2018 diproyeksikan lulusan STAN mencapai 16.082 orang.

Saat ini lulusan STAN tidak hanya bekerja sebagai pengelola keuangan negara di Kementerian Keuangan, tetapi juga tersebar di kementerian lembaga lain, pemerintah daerah, lembaga internasional dan lembaga lainnya.

Logikanya gini deh, Indonesia ini kan luas dan tentu butuh pengelolaan yang baik salah satunya pengelola keuangan. Sistem desentralisasi tentu memaksa Indonesia untuk mampu secara baik menyelenggarakan pengelolaan keuangan ke daerah-daerah dengan baik.

Banyak Kementrian lain selain Kementrian Keuangan yang juga membutuhkan lulusan PKN STAN untuk mensukseskan tujuan Kementrian tersebut. Nah, jika lulusan PKN STAN sudah masuk ke wilayah kerja Pemerintah Daerah maka pengelolaan keuangan negara tentunya akan lebih maksimal.

Contohnya, pasti setiap kantor Pemda memiliki pegawai atau staf dibidang keuangan, tentunya itu adalah kesempatan bagi para lulusan PKN STAN untuk masuk kesana dan membantu pengelolaan keuangan. Hal ini insyaAllah akan membuat negara Indonesia lebih baik dalam bidang pengelolaan keuangan di pusat maupun di daerah.

Kenapa perubahan nama tetap menampilkan nama STAN? tapi tidak PKN saja??

Jawaban logika : Karena orang-orang lebih mengenali STAN sebagai institusi pendidikan ternama, jika hanya menggunakan nama PKN atau Politeknik Keuangan Negara tentu akan menghilangkan nama STAN yang citranya sudah berlanjut sejak puluhan tahun lamanya. PKN STAN bertransformasi namun tetap mempertahankan kesuksesan STAN terdahulu dengan menampilkan STAN dibelakang nama Politeknik Keuangan Negara tanpa dijabarkan kembali.




Tentunya, dari logo atau lambang diatas tersirat berbagai makna dan tujuan. Berikut penjelasan "makna dan filosofi" lambang diatas :



-Lingkaran Luar   : Melambangkan kesempurnaan, adaptif, dan selalu melakukan perbaikan terus menerus dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan keilmuan dibidang keuangan negara dan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas bagi unit pengguna di luar Kementrian Keuangan.

-Lingkaran Dalam : Melambangkan kesempurnaan, adaptif, dan selalu melakukan perbaikan terus menerus dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan keilmuan dibidang keuangan negara dan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas bagi unit pengguna di lingkungan Kementrian Keuangan.

-Sayap                     : Sayap yang mengembang melambangkan ketangkasan PKN STAN dalam mengemban tugas serta siap terbang menggapai visinya, jumlah sayap sebelah kanan dan kiri berjumlah 20 melambangkan angka "20" dalam "201". Bunga teratai melambangkan kebaikan dan kebersihan PKN STAN dalam menjalankan organisasinya serta memberikan manfaat kepada seluruh stakeholdernya sedangkan bintang ditengah sebagai simbol penerang pada kehidupan. Bung teratai berjumlah 14 ditambah 1 bintang melambangkan angka "15" dalam "2015" dimana bila digabungkan dengan sayap akan menjadi 2015 yang juga merupakan tahun diresmikannya PKN STAN.

-Bintang                   : Berbentuk segi lima yang berada dibawah lambang melambangkan 5 sila pada Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia, dan menjadi pilar utama dalam penyelenggaraan pendidikan PKN STAN.

-Pena didalam Lingkaran : Maknanya kebutuhan akan ilmu pengetahuan dari seluruh dunia. Mata pena yang runcing melambangkan ketajaman berfikir untuk menambah wawasan dan pendidikan. Lingkaran menunjukan komunitas, integritas, dan kesempurnaan.

-1 Lingkaran diatas buku : Adalah bola dunia yang melambangkan visi dari PKN STAN yaitu menjadi Politeknik Terkemuka di Indonesia yang menghasilkan kader pengelola keuangan negara bereputasi internasional.

-1 Buku terbuka diatas monumen : Melambangkan sumber ilmu pengetahuan
yang senantiasa berkembang dan membawa manfaat bagi kesejahteraan umat manusia.

-Monumen dengan 3 pilar ditengah : Melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Siapa sih yang mendesain logo PKN STAN ini ?

Yakk, dia adalah Aulia Rahman Chandra yang juga merupakan mahasiswa aktif PKN STAN.
Oiya ini nih akun instagramnya "auliacdra" keren asli mas logonya, menurut saya lebih ekslusif  dan maknanya juga tajam. Terimakasih !

Sekian penjabaran dari blog sederhana ini, semoga dapat bermanfaat ya hehe . Semoga dengan transformasi menjadi PKN STAN, institusi ini akan tetap Jaya !!  

Sumber : Detik, Antara, Wikipedia, IMP PKN STAN

Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
November 14, 2015 at 12:49:00 PM GMT+7 ×

manap.. www.gilangfcb.blogspot.com

Reply
avatar
cafe
admin
November 14, 2015 at 1:23:00 PM GMT+7 ×

logo baru jauh lebih bagus. walaupun mirip2 dengan yang sebelumnya

Reply
avatar
November 14, 2015 at 7:47:00 PM GMT+7 ×

Ternyata ini toh, maksud pergantiannya namanya. Nuhun kang !!

Reply
avatar
November 15, 2015 at 9:31:00 AM GMT+7 × This comment has been removed by the author.
avatar
November 15, 2015 at 9:32:00 AM GMT+7 ×

di STAN ada komunitas blogger ga ya?

Reply
avatar
November 20, 2015 at 10:28:00 PM GMT+7 ×

Mungkin banyak anak STAN yang blogger, tpi kalo komunitasnya belum ketemu sih bro

Reply
avatar

Komentar yang baik, akan menimbulkan manfaat yang baik ConversionConversion EmoticonEmoticon