Kok Bisa Gua Masuk PKN STAN?

Assalamualaikum wr.wb

Lama ane tak menyapa kalian lewat sebuah cerpen. Jujur trkesan sombong sih dengan judul postingan diatas. Tapi gua yakin akan banyak orang yang terinspirasi dengan tulisan ini. Cerpen kali ini akan sedikit bercerita tntang bagaimana sih prjuangan gua yang akhirnya saat ini, detik ini dapat berkuliah di PKN-STAN wkwkwkwkw

Bagi kalian yang merupakan pembaca setia blog ini, pasti tahu lah sebelum kuliah di PKN STAN ane smpet kuliah di Universitas Lampung slama 1 tahun. Maaf sedikit curhat, tapi yakin deh cerita yang bakal gua sampaiin dibawah ini bakal menggugah hati2 sobat sekalian.

Kronologis Introduse :

Bang bang bang! gua atau ane ini adalah seorang mahasiswa pmalas yang maunya enak2 doang. Menganggap remeh banyak hal dan menyepelekannya dan bahkan menjelekkannya didalam hati sndiri. Gua sadar selama kuliah 1 tahun di Unila gua gk dpet ilmu yang gua harap dpet dari situ. Jujur, perasaan bingung muncul ketika pralihan menuju semester ketiga di Unila. Saat itu gua ngerasa seperti orang yang tanpa tujuan, orang yang kebingungan ataupun orang yang bahkan belum mampu menemukan jati diri sesungguhnya. Kalau mau malu sih, IP gua bisi dibilang merosot abis pas smester2 dan memungkinkan gua untuk gagal ngambil full sks di semester berikutnya. Sadar bro, haha itu adalah hal paling absurd yang pernah gua alami.

Satu sisi gua masih berharap mampu mmperbaiki IP di semester depan dan mampu lulus tpat waktu . Saat-saat krusial akhirnya datang. Gua ngerasa kurang percaya diri menghadapi semester 3, bahkan gua gk berani untuk belajar. Nah, kan goblok tuh. Belajar kok gk berani?? Di angkatan 2014 Unila, bisa dibilang rangking gua ada ditengah2 yakni gk jenius dan gk idiot2 amat. Tapi saat itu gua malah mulai merasa kearah idiot, hahah aneh sekali.

Flashback ketahun 2014, padahal saat tahun 2014 gua punya ambisi yang bgitu besar untuk diwujudkan. Menjadi mahasiswa yang ideal dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik, disegani karena kepribadian yang baik. Seeeet dah, itu hampir imposible untuk diwujudkan hahahaha.

Salah satu keinginan terbesar gua adalah bisa scepatnya mmbahagiakan kedua orang tua, keluarga gua dan tntunya orang2 trdekat gua dengan cara baik apapun. Tapi gua merasa kalau di Unila ini gua bakalan sulit untuk mewujudkan keinginan diatas barusan. Menilik lbih dalam bahkan bisa-bisa bukannya membahagiakan gua malahan bisa mengecewakan mereka semua.

Ya udah deh, gua akhirnya trkesan pasrah dengan keadaan sampe akhirnya ada titik cerah yang lewat didepan gua.
Hayooo, apa coba?

Titik cerah itu awalnya sempat gua abaikan sebelum ada yang mendorong titik cerah itu lebih dekat dengan gua, Siapa yang mendorong? yak, dialah ibu gua, wanita yang tntunya paling dekat dn sayang sama gua. Titik terang apa coba itu? Titik terang itu trnyata berwujud Pendaftaran STAN. Bisa dibilang titik terang itu datang agak trlambat, karena saat itu gua udh masuk dan menjalani semester ketiga di Unila.

Awalnya sedikit pesimis, apa salahnya coba ?? Akhirnya dengan uang pndaftaran STAN yang lebih mahal 50 persen dripada tahun sebelumnya gua beranikan diri untuk melangkah kearah titik yg terang tersebut. Agak santai awalnya, tetapi gua mncoba meyakinkan kediri gua ini bahwasannya ini adalah suatu kesempatan emas yang gk boleh dilewatkan.

Manusia pemalas yang takut belajar ini akhirnya bereksperimen untuk kedua kalinya dftar STAN. STAN itu ibarat mission very hard, butuh keberuntungan, kepandaian, kelebihan dan kesungguhan. Tapi jujur tahun ini gua punya sedikit firasat baik tntang pendaftara STAN, gua merasa lebih lepas dan tanpa beban.

Belajar dari kesalahan tahun sebelumnya, gua coba tidak trlalu meremehkan sesuatu, fix dan fix akhirnya gua berhasil mendaftar dan datanglah saatnya verifikasi berkas. Verifikasi ditmpat yang sama sperti tahun kemarin gua merasa seperti seseorang yang sdikit berpengalaman ketimbang peserta lain. Walaupun waktu itu sempat salah kostum dan harus pulang kerumah dan ganti baju wkwkwkkw, akhirnya naik lah gua ke meja verifikasi berkas, sdikit heran dngan komposisi panitia yang berubah. Karena seinget gua tahun 2014 itu panitianya udh bapak2 dn ibu2 semua. NAH, tapi tahun ini malahan banyak panitia yang masih muda dan bajunya juga pada casual2 gitu. Sempet ditanya sih sama panitiany, begini nih prtanyaannya : "Kamu sudah kuliah belum sebelumnya?" , ya gua gua jawab jujur aja, iya bu saya sudah prnah kuliah di sebuah PTN jurusan ekonomi hehehe. Cap, steples sana-sini akhirnya gua selesai verifikasi berkas dan tinggal menunggu waktu dtangnya ujian.

Nah, Apa yang gua lakukan saat menunggu datangnya tanggal USM PKN STAN?

Tentunya ngejalanin hidup seperti biasa, tidur, makan, kuliah, jarang belajar dan ngegame di laptop. Hemmm jujur sebuah hidup yang sdikit mmbosankan dan kurang asik.

Selamat berjuang, calon punggawa keuangan negara !


Tapi gua mau kasih satu tips jitu sebelum kalian mau masuk STAN, atau kalo saat ini namanya PKN STAN.

Apa sih tips jitunya??

Pertama, lu harus bisa menanamkan sikap optimisme dan pantang menyerah. Kalau optimis insyaAllah mental lu akan terasah dan yakin kalau setiap rintangan bisa dilewati.

Kedua, lu harus bisa punya kesungguhan lebih. Jangan pernah coba2 atau gk serius dalam melewati tantangan malah yang ada lu bisa gagal total. (Walaupun sebenernya waktu gua dftar STAN yang kedua kali itu hanya coba2, tapi mohon jangan ditiru ya)

Ketiga, lu harus punya bekal untuk masuk STAN. Skarang lu gua tanya deh, bekal lu apa? Kalau bekal lu cuma iseng2 dan malah gk ada bekal behhhh susah anak muda.

Keempat, lu harus belajar. Yaaa belajar apa kek, baca aja soal2 USM STAN tahun2 sebelumnya dan maksimalin kelebihan lu di soal2 yang ada. Misal, kalo lu pinter TPA yah maksimalin abis ada di TPA, atau TBI nya lu jago ya udh hajar abis soalnya. Tapi inget, lu harus inget nilai mati disetiap tipe soal yakni sepertiga dari jumlah soal. Misal lagi, kalo soal TPA ada 120 lu harus bener 40.

Kelima, lu harus punya keberuntungan. Hemmmm gua termasuk yang disini ( Jujur nih gua ) , Orang licik akan mampu mengalahkan orang pintar dan orang beruntung akan mampu mengalahkan orang licik. Jadi, lu harus beruntung dan punya wejangan yang baik wkwkwkwkw. Tapi ingat, keberuntungan itu datangnya gk sering2 jadi lu harus ttep belajar juga ya.

Keenam, lu harus minta doa. Doa dari orang tua, kerabat, saudara dan kawan2 ( Jujur gua gk bilang2 tmen kuliah gua di Unila kalo gua dftar STAN wkwkwkw ) . Doa adalah hal mujarab yang kekuatannya dapat mendukung kelima tips jitu diatas.

Nah, itu dia tips jitu yang aneh wkwkwkw khusus gua tulis untuk kalian semua.

Sekian cerpen yang sekiranya semoga dapat bermanfaat bagi kawan2 sekalian. Semoga kalian dapat menembus PKN STAN dijurusan yang kalian idam2kan. Sukses bersama ya hehehe :D
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
September 14, 2016 at 11:44:00 AM GMT+7 ×

http://ocepstreet.blogspot.co.id/2016/06/warna-arni-kuliah-pkn-stan-part-i.html

mampir yuk

Reply
avatar